081211029060

Anda sudah berkonsultasi via Telp/Whatsapp (081211029060) dengan dokter spesialis Klinik Aborsi Jakarta dan sudah mereservasi tanggal untuk pelaksanaan tindakan aborsi di Klinik Raden Saleh.

Lalu apa yang harus Anda lakukan berikutnya?

Di halaman ini Anda akan menemukan informasi mengenai apa yang harus Anda bawa ke klinik aborsi, mengatur perjalanan pulang pasca aborsi, panduan makanan dan minuman sebelum tindakan aborsi, dan informasi lainnya.

Hal pertama yang harus Anda ingat, aborsi adalah salah satu prosedur medis rutin yang paling aman. Terutama pada kehamilan trimester pertama. Jika dilakukan oleh tenaga medis profesional di klinik aborsi legal, kemungkinan terjadinya komplikasi serius yang berujung pada mortalitas di bawah angka 1 dari 100.000 tindakan aborsi.

Pusat Klinik Aborsi (Klinik Raden Saleh) adalah klinik aborsi legal dengan tenaga profesional dan berpengalaman yang sudah mendapat izin resmi dari Dinas Kesehatan.

Usahakan Tidak Datang Sendirian

Peran pendamping cukup penting bagi perempuan yang menjalani prosedur aborsi. Kalau bisa, Usahakan membawa 1 orang sebagai pendamping seperti : pasangan, saudara, keluarga atau sahabat yang dapat Anda percaya di hari kedatangan anda.

Peran pendamping nantinya juga dapat menguatkan mental anda. Pendamping Anda dapat menunggu di ruang tunggu, meskipun tidak dapat masuk menemani Anda di ruang tindakan.

Pilihlah seseorang yang pembawaannya tenang, suportif atas seluruh keputusan Anda, dan dapat membantu menghilangkan rasa cemas.

Setelah proses aborsi telah selesai, dialah nantinya yang dapat menemani anda sampai ke rumah dengan selamat.

Namun apabila anda ingin datang sendiri juga tidak masalah. Biasanya anda akan beristirahat sedikit lebih lama di klinik agar pemulihan lebih sempurna. Sehingga anda dipastikan dapat pulang sendiri dengan fit.

Sekedar informasi, klinik menyediakan bius lokal dan total. Jika anda datang sendiri, sebaiknya anda tidak memilih bius/anestesi total. Karena efek dari bius total dapat membuat anda jauh lebih lama di pemulihan dan perawatan pasca aborsi.

Rencanakan Perjalanan Kepulangan Anda

Jika Anda memilih jenis anestesi lokal, Anda dapat langsung pulang dan beraktivitas seperti biasa. Tetapi jika Anda memilih opsi anestesi umum (bius total), Anda tidak akan boleh menyetir pasca prosedur.

persiapan sebelum aborsi di klinik

Perjalanan sendirian dengan transportasi umum juga tidak disarankan karena efek samping bius total yang mempengaruhi kesadaran, keseimbangan, dan proses berpikir dapat bertahan sampai beberapa jam pasca aborsi tergantung resistensi masing-masing pasien.

Efek-efek samping lain dari bius total yang kadang terjadi : mual, pusing, muntah, regurgitasi. Apabila anda memilih bius total, usahakan tidak datang sendirian, bawalah pendamping untuk menemani anda pulang setelah menjalani tindakan aborsi/kuret.

Persiapan Aborsi Dengan Anestesi Lokal (bius lokal)

Anestesi lokal hanya memblok rasa sakit pada area tertentu, untuk prosedur aborsi adalah bagian serviks. Karena tidak mempengaruhi kesadaran pasien, tidak banyak yang harus Anda persiapkan dan Anda dapat langsung pulang setelah prosedur berakhir.

Dokter mungkin tidak mengharuskan Anda untuk puasa, tetapi hindarilah makanan-makanan yang berat 6 jam sebelum datang ke klinik.

Pastikan Anda memiliki persediaan pembalut yang cukup di rumah. Pasca aborsi, Anda akan mengalami bercak/flek seperti saat haid selama 1 minggu meskipun pada beberapa pasien hal itu tidak terjadi. Tidak perlu khawatir, karena kondisi tersebut normal dan tidak membahayakan.

Persiapan Untuk Aborsi Dengan Anestesi Umum (bius total)

Dokter akan menyarankan Anda berpuasa 6 jam sebelum datang ke klinik jika Anda memilih opsi penggunaan anestesi umum atau bius total. Patuhilah aturan berpuasa ini karena dapat berpengaruh kepada kelangsungan proses dan prosedur aborsi.

Berikut adalah rekomendasi puasa pra-operasi dengan anestesi umum menurut jurnal yang diterbitkan Perhimpunan Ahli Anestesi Amerika (American Society of Anesthesiologists).

Rekomendasi ini boleh diikuti, boleh tidak. Namun untuk kelancaran proses dan prosedur aborsi khususnya untuk pemilihan bius total. Anda bisa mengikutinya.

Rekomendasi puasa cairan jernih : Cairan jernih dapat dikonsumsi paling tidak 2 jam sebelum tindakan aborsi. Yang termasuk cairan jernih adalah air putih, jus buah tanpa bulir, minuman berkarbonisasi, minuman nutrisi berkarbohidrat tinggi, teh tanpa campuran, dan kopi hitam. Alkohol tidak termasuk dalam kategori ini.

Rekomendasi puasa makanan padat dan produk susu : Makanan bersifat ringan atau produk susu dapat dikonsumsi paling tidak 6 jam sebelum pengadministrasian anestesi umum. Penambahan waktu puasa sampai dengan 8 jam dapat diberlakukan jika makanan yang dikonsumsi berupa makanan yang digoreng, berlemak, atau produk daging. Namun porsi makanan juga mempengaruhi waktu pengosongan lambung.

Apapun metode aborsi dan jenis anestesi yang Anda pilih ingatlah bahwa proses aborsi vakum bukanlah tergolong tindakan medis yang beresiko tinggi. Tidak membutuhkan pengrobekan jaringan kulit, sehingga bius lokal sudah cukup untuk meredam rasa sakit/rasa ketidak-nyamanan pada perut.

Kecuali prosedur kuret untuk usia kehamilan diatas 3 bulan, anda mungkin bisa mempertimbangkan memilih anestesi umum.