081211029060

Pemeriksaan USG Dalam Prosedur Aborsi

Ultrasound (USG) adalah Alat untuk menampilkan kondisi atau citra bagian dalam tubuh dengan gelombang suara frekuensi tinggi.

Sesi Pemeriksaan USG merupakan langkah yang sangat penting sebelum prosedur aborsi dilaksanakan. Dengan USG, dokter akan mengetahui kondisi kehamilan, apakah didalam rahim, atau diluar rahim (Kehamilan Ektopik).

Salah satu faktor pengobatan atau tindakan aborsi bisa berjalan optimal adalah ketepatan dalam mendiagnosis penyakit. Salah satu alat yang digunakan dokter spesialis ObGyn untuk mengidentifikasi hal itu adalah dengan menggunakan alat yang bernama ultrasonografi (USG).

pemeriksaan usg dalam prosedur aborsi

Hasil dari ultrasound dapat dijadikan acuan oleh dokter tentang :

  • Cara aborsi yang digunakan (Vakum, Kuret, D&X)
  • Kondisi rahim
  • Kondisi janin
  • Apakah sudah pernah menggunakan obat aborsi
  • Penentuan biaya aborsi
  • Menghitung usia kehamilan secara akurat
  • Ada/tidaknya kelainan pada kandungan

Setelah Sesi pemeriksaan Ultrasound atau USG dilaksanakan, selanjutnya adalah sesi konsultasi dengan dokter spesialis kandungan.

Klinik Aborsi Jakarta menggunakan USG 3 Dimensi. Dalam prosedur pemeriksaan aborsi, pasien akan diberikan kartu berobat yang didalamnya akan dicantumkan hasil usia kehamilan akurat yang didapat dari pemeriksaan USG.

USG Pasca Aborsi

USG juga dilakukan SETELAH tindakan aborsi selesai. Pengecekan ini untuk melihat citra atau kondisi rahim apakah aborsi sudah tuntas dan bersih. Biasanya pengecekan ini dilakukan beberapa hari setelah prosedur aborsi selesai yaitu pada saat check up/kontrol.

Jika anda belum mengetahui, Setelah prosedur aborsi selesai dan anda diperbolehkan pulang, anda diwajibkan untuk datang 1-2 minggu kemudian untuk melakukan checkup/kontrol. Checkup adalah melakukan tes USG kembali dan melihat kondisi rahim serta keluhan pasien selama perawatan pasca aborsi di rumah.