081211029060

[D&C] kepanjangan dari Dilatasi & Curretage. Kuret biasanya digunakan untuk prosedur aborsi dan atau keguguran. Namun sebenarnya kuret memiliki fungsi lain seperti mendiagnosis kondisi tertentu pada rahim.

Kuret sebenarnya adalah nama sebuah alat yang digunakan untuk mengeluarkan jaringan dari dalam rahim. Prosedurnya disebut dengan kuretase. Prosedur ini dilakukan oleh dokter spesialis kandungan. Pada umumnya proses kuretase ini memakan waktu 10-15 menit. Sebelum proses kuret tentunya pasien akan dibius terlebih dahulu.

Ada 3 jenis bius yang dapat digunakan untuk prosedur kuret yaitu :

  1. Bius Lokal : Bius yang membuat daerah disekitar leher rahim kebas (tidak merasakan apa-apa)
  2. Bius epidural : Bius yang membuat setengah badan (dari pinggang kebawah) merasa kebas
  3. Bius total : Bius yang membuat anda tidak sadar sepanjang prosedur

proses kuret aborsi

Sebelum menjalani kuret di Klinik Aborsi Jakarta, dokter atau perawat akan menanyakan kondisi dan riwayat kesehatan anda. Pemeriksaan USG pun dilakukan untuk mengetahui berapa usia pasti kehamilan. Dari sana juga dapat diketahui apakah pasien sudah pernah mengkonsumsi obat-obatan penggugur.

Inilah tahapan yang akan dijalani pasien kuret :

  • Dilatasi
    Dilatasi adalah proses pelebaran rahim menggunakan obat, atau juga bisa menempatkan alat [laminaria] yang akan membuat leher rahim mengembang sehingga akan memudahkan proses kuret
  • Kuretase
    Pengangkatan jaringan dengan alat tipis seperti sendok yang bernama kuret. Alat yang dinamakan kanula juga dapat digunakan untuk menghisap jaringan yang tersisa didalam rahim.

Setelah prosedur kuret selesai maka pasien akan dibawa keruang perawatan dan dimonitor beberapa menit sampai pasien fit dan diperbolehkan untuk pulang. Pada umumnya kuret tidak membutuhkan rawat inap. Pasien dapat pulang dihari yang sama. tetapi terkadang pada kondisi tertentu bisa berlangsung 2 hari tergantung hasil analisa dokter.

Setelah menjalani prosedur kuret, pasien umumnya dapat melakukan aktifitas normal kembali setelah 24 jam. Sebagian pasien akan merasakan pendarahan ringan (flek/bercak) selama 1-2 minggu. Oleh karena itu disarankan untuk menggunakan pembalut setelah menjalani kuret.