081211029060

Alat Medis Steril – Prosedur Sterilisasi Alat Medis

Pengertian Sterilisasi adalah Suatu tindakan untuk membunuh kuman pathogen dan apatogen beserta sporanya pada peralatan perawatan dan kedokteran dengan cara merebus, stoom, panas tinggi, atau menggunakan bahan kimiawi.

Suatu alat atau bahan dikatakan steril bila alat/bahan tersebut bebas dari mikroba baik dalam bentuk vegetatif maupun sopra.

Sterilisasi adalah tindakan untuk membebaskan alat atau media dari jasad renik. Ada beberapa cara sterilisasi, untuk pemilihannya tergantung dari bahan/alat yang akan digunakan.

Perhatian terhadap alat medis yang selalu terjaga steril adalah salah satu bagian terpenting dari tindakan medis aborsi kuretase. Tentu, bukan hanya penanganan aborsi saja. Tindakan bedah lainnya pun yang menggunakan peralatan medis juga harus memiliki prosedur sterilisasi alat yang ketat demi menjaga kebersihan alat dari bakteri.

Alat Sterilisator

lemari sterilisasiAlat sterilisator berikut digunakan klinik aborsi Jakarta untuk penyimpanan alat medis sebelum dan sesudah tindakan aborsi.

Peralatan yang akan didesinfeksi tingkat tinggi dengan cara dikukus atau direbus, atau disterilisasi di dalam autoclave/ oven panas kering didalam lemari sterilisasi ini.

Seluruh alat medis di Klinik Raden Saleh sebelum dan sesudah tindakan wajib dibersihkan dan dimasukkan kedalam lemari sterilisator.

Ketika melakukan prosedur sterilisasi, baik itu ruangan atau alat yang digunakan harus memenuhi persyaratan sebagai berikut ini :

  • Desinfektan yang digunakan untuk sterilisasi haruslah merupakan bahan yang ramah lingkungan.
  • Saat melakukan sterilisasi petugas harus menggunakan alat pelindung dan menguasai cara sterilisasi yang aman.
  • Sterilisasi peralatan yang digunakan untuk perawatan fisik pasien dipanaskan pada suhu 121 derajat Celsius selama 30 menit, atau sesuai dengan petunjuk dalam sterilisasi alat yang digunakan.
  • Semua yang telah disterilkan harus aman dari mikroorganisme yang masih hidup.

Sebelum menggunakan alat kesehatan yang steril, dokter, perawat atau ahli medis lain harus memastikan tangannya juga bersih untuk menghindari adanya bakteri atau mikroorganisme yang menempel pada tangan.

sarung tangan dokter

Dengan prosedur sterilisasi yang ketat seperti diatas, akan memastikan tindakan aborsi berlangsung bebas dari resiko infeksi. Pusat Klinik Aborsi Medical Group Jakarta berdiri atas kepedulian terhadap perempuan maka kami wajib memastikan segala sesuatunya harus berjalan dengan baik dan benar tanpa efek samping yang merugikan wanita.

Menjaga alat medis steril adalah perhatian utama kami untuk memberikan layanan aborsi berkualitas di Jakarta, Indonesia.