Tanda-Tanda Kehamilan

Posted on Updated on

Beberapa wanita terkadang keliru dalam menentukan bahwa mereka sedang hamil atau tidak. Terbukti dengan beberapa pasien kami yang merasa belum yakin bahwa ia sedang hamil. Ciri-ciri orang hamil 1 minggu beberapa mungkin sudah anda ketahui, namun tidak ada Ciri-ciri yang pasti bahwa seseorang dapat dikatakan hamil atau tidak. Jika kita menentukan tanda-tanda kehamilan melalui gejala-gejala yang biasa terjadi seperti : mual dan telat haid, itu hanya sebuah prediksi. Mual dan telat haid tersebut bisa saja karena masuk angin dan siklus menstruasi anda ada gangguan hormonal.

Berikut ini tanda terjadinya kehamilan yang biasanya terjadi :

1. Telat Haid

Ini adalah tanda awal kehamilan. Jika anda telat haid lebih dari 1 minggu segera melakukan pemeriksaan sendiri terlebih dahulu dengan menggunakan test pack. Meskipun tingkat keakuratan test pack tidak 100% namun test pack dapat menjadi pedoman anda untuk melakukan langkah selanjutnya. Menguji kehamilan menggunakan test pack yang baik adalah pada pagi hari, tingkat keakuratan menguji kehamilan dipagi hari lebih baik daripada siang, sore atau malam hari.

tanda tanda kehamilan

Ketika hasil test pack menunjukkan hasil negatif dan anda masih belum menstruasi, lakukan keesokan harinya. Seperti itu terus sampai anda mendapat menstruasi. Ketika hasil test pack menunjukkan hasil yang positif segera pastikan dengan melakukan pemeriksaan dengan dokter menggunakan USG.

2. Rasa Mual dan Muntah

Pada awal kehamilan, mungkin anda mengalami morning sickness atau mual dipagi hari. Sebenarnya morning sickness ini adalah nama yang salah karena pada kenyataannya mual dan muntah bisa terjadi kapan saja : pagi, siang, malam. Hampir semua kehamilan pada bulan pertama ditandai dengan munculnya rasa mual dan muntah. Rasa mual dan muntah ini biasanya sulit sekali ditahan sehingga mudah diketahui orang lain dan menjadi “pertanda” bagi keluarga bahwa salah satu anggota mereka ada yang sedang hamil. Rasa mual ini muncul karena adanya peningkatan hormonal. Atasilah dengan makanan yang mudah dicerna. Jangan makan dalam porsi yang banyak. Keluhan mual dan muntah ini akan berakhir pada kehamilan trimester pertama.

3. Rasa Lelah dan Lesu

Gejala hamil yang paling umum dalam 8-10 minggu pertama adalah rasa lelah. Saat hamil, tubuh mengalami perubahan metabolisme yang signifikan. Seluruh tubuh anda melakukan penyesuaian terhadap proses baru bertumbuhnya janin, baik secara fisik maupun emosional. Peningkatan hormonal dapat mempengaruhi pola tidur anda. Sedapat mungkin, carilah waktu untuk beristirahat. Kelelahan ini sering dibarengi sakit kepala, mual dan nafsu makan menurun. Walaupun jarang terjadi, ibu dapat pingsan pada bulan-bulan pertama kehamilan. Keluhan ini tidak sama pada setiap ibu hamil. Ada ibu hamil yang merasa selalu lelah, sementara ibu hamil lainnya sangat jarang mengalaminya kecuali memang sedang terjadi gangguan pada tubuhnya. Bagi 90% wanita, kelelahan akan pergi saat usia kehamilan 12 minggu.

4. Lebih Sering Kencing

Bila wanita sering merasa “kebelet pipis”, bisa jadi hal ini juga merupakan tanda-tanda kehamilan. Hal ini dikarenakan adanya pertumbuhan rahim yang menekan kandung kemih dan perubahan hormonal. Ingat, jangan mengurangi pemasukan cairan atau minum untuk mengatasi problem ini, karena anda tetap membutuhkan cairan lebih banyak.

5. Panca Indra dan Emosi Lebih Peka

Sebagai pertanda kehamilan, seringkali wanita merasa dirinya lebih sensitif terhadap aroma atau makanan tertentu. Keinginan yang aneh-aneh mulai bermunculan, misalnya pengen makan asem padahal biasanya ia tidak suka asem. Selain itu juga banyak wanita yang lebih peka secara emosi.

6. Gangguan Sembelit

Buang air besar menjadi sulit dan tidak lancar? ini lazim terjadi pada awal kehamilan. Hormon progesteron yang diproduksi pada masa kehamilan menyebabkan usus halus lebih lentur dan menjadi kurang efisien. Akibat meningkatnya hormon kehamilan juga akan mempengaruhi perkembangan kelenjar susu. Hanya harus diingat, tanda-tanda ini tidak sama pada setiap orang. Sifatnya sangat individual. Atasilah dengan banyak minum air, makanan berserat tinggi seperti sayuran dan buah, serta olahraga ringan.

7. Puting Payudara Lebih Lembut

Sebagai pertanda kehamilan, payudara dan puting menjadi lebih lembut, tepatnya sekitar 3 minggu setelah pembuahan. Bisa jadi payudara terasa bengkak, serupa dengan saat menjelang haid. Daerah areola, yakni daerah gelap yang mengelilingi puting payudara mulai menjadi lebih gelap dan diameternya membesar. Diyakini bahwa bertambah gelapnya warna areola nantinya membantu bayi yang baru lahir menemukan puting untuk menyusu. Anda mungkin juga melihat pembuluh vena di payudara menjadi lebih kelihatan karena peregangan payudara.

8. Muncul Flek dan Kram

Saat anda hamil, biasanya ditandai dengan munculnya flek merah muda di celana dalam yang terjadi saat implantasi, manakala embrio menempel di dinding uterus. Hal ini terjadi sekitar 8-10 hari setelah ovulasi, sedikit lebih awal dibanding datangnya waktu haid dan waktunya lebih pendek ketimbang haid normal. Kadang kita salah mengartikannya sebagai haid. Kram juga umum terjadi pada kehamilan. Sampai kehamilan trimester kedua, kram seperti ini akan muncul. Kontraksi di rahim terjadi secara teratur, meningkat dengan olahraga, orgasme dan bahkan perubahan posisi.

9. Naiknya Temperatur Basal Tubuh

Tanda kehamilan yang lain adalah meningkatnya suhu basal tubuh. Saat terjadinya pembuahan, ovum dibuahi di tuba falopi, dan membutuhkan sekitar seminggu untuk kerahim di mana ovum terbuahi akan menempel disana. Jika diukur pada saat ini, bisa dipastikan suhu basal tubuh anda meningkat.

Itulah tanda-tanda kehamilan yang biasa terjadi pada wanita hamil. Semoga bermanfaat bagi anda, marilah kita cermati dan pastikan bahwa anda benar-benar hamil sebelum di kuret. Meskipun anda mengalami tanda-tanda diatas, perlu dilakukan test pack dan USG oleh dokter untuk memastikannya.

Baca : Hamil Kembali Setelah Aborsi

Advertisements