Obat Aborsi. Bahaya dan Efek Sampingnya?

Posted on Updated on

Obat Aborsi Misoprostol

Artikel ini khusus akan membahas obat aborsi yang paling sering digunakan untuk menggugurkan kandungan yaitu misoprostol. Obat biasanya digunakan tentu karena khasiat yang dimilikinya mampu menyembuhkan penyakit tertentu, tetapi dalam hal ini sebuah obat aborsi “MISOPROSTOL” yang awalnya berkhasiat mengatasi asam lambung berlebih (biasa disebut sakit mag) ternyata dapat menggugurkan kandungan. Obat ini dikenal ampuh dalam mengatasi pengguguran kandungan usia dini. Namun banyak yang berpendapat penggunaan obat aborsi sangat membahayakan dan meningkatkan resiko terjadinya pendarahan hebat. Hal ini terbukti dengan kasus-kasus aborsi yang berakhir dengan kematian akibat mengkonsumsi obat ini.  “Kebanyakan yang dicari dari obat ini justru kontradiksinya yaitu menggugurkan kandungan” kata Prof. Untung Praptoharjo salah seorang ahli kebidanan di Jawa Tengah.

Caranya : obat penggugur kandungan tersebut dimasukkan kedalam kelamin wanita. dengan begitu, akan terjadi kontraksi pada rahim dan kram yang amat sakit. Setelah bereaksi maka janin yang ada dalam kandungan akan hancur dan keluar dalam bentuk gumpalan darah. Pendarahan ini sering berlangsung lama dan akhirnya tetap harus dihentikan melalui tindakan medis seperti : kuret atau vakum. Malahan pada beberapa kasus, penggunaan pil aborsi tidak bereaksi apa-apa alias “gagal total“.

Baca : Cara Menggugurkan Kandungan dengan Vakum

Pengguguran kandungan dengan menggunakan obat juga memiliki efek samping seperti nyeri dan kram, pendarahan yang disertai dengan gumpalan jaringan, mual, muntah, diare, sakit kepala, pusing, bahkan demam juga bisa terjadi. Demam terjadi setelah pemberian misoprostol, berlangsung kurang dari 24 jam dengan panas 38 derajat celcius adalah efek samping yang wajar. Bila demam berlangsung lebih dari 24 jam atau lebih dari 38 derajat celcius anda harus segera mencari bantuan medis. Reaksi alergi terhadap obat-obatan dapat menyebabkan gatal-gatal (bilur-bilur gatal/benjolan pada kulit).

obat aborsi

Cara menggugurkan kandungan yang paling aman adalah dengan tindakan medis langsung seperti kuret atau vakum. Segera mencari klinik aborsi yang dapat mengatasi permasalahan anda. Sampaikan keluhan dan usia kandungan anda untuk mengetahui prosedur aborsi yang dilakukan.

Advertisements