Proses atau Metode yang Digunakan di Klinik Aborsi

Posted on Updated on

Cara aborsi yang digunakan untuk trimester pertama (usia kandungan 4 – 12 minggu), trimester kedua (13 – 24 minggu) bahkan trimester ketiga masih menggunakan aspirasi vakum manual. Namun bedanya aborsi trimester pertama lebih cepat selesai yaitu 5-10 menit saja. Ini karena janin masih berbentuk gumpalan darah, jadi dengan metode vakum saja dapat menyedot dan membersihkan rahim dengan waktu yang cukup cepat.

prosedur aborsi di klinik

Baca : Hamil Kembali Setelah Kuret / vakum

Metode Aborsi Usia 1, 2, 3 Bulan (Trimester Pertama)

Pada usia ini, janin masih berbentuk gumpalan darah. Berikut urutan prosedur aborsi yang dilakukan :

  • Kandung kemih harus dalam keadaan kosong (pasien diwajibkan buang air kecil terlebih dahulu)
  • Dilakukan anestesi atau pembiusan
  • Janin kemudian dapat langsung disedot melalui serviks/mulut rahim menggunakan kanula/pipet kecil. Biasanya ini tidak lebih dari 7 menit
  • Setelah itu, pasien diwajibkan istirahat kurang lebih 30 menit untuk menetralkan sisa pembiusan. Kemudian, pasien bisa langsung diperbolehkan pulang.

Metode Aborsi Usia 4, 5 dan 6 Bulan (Trimester Kedua)

Pada usia ini janin sudah mulai terbentuk. Metode yang digunakan hampir sama, hanya saja perbedaannya adalah obat mefepristone/cytotec dimasukkan terlebih dahulu kedalam mulut rahim agar janin yang ada didalam rahim hancur dan terjadi pelebaran pada mulut rahim sehingga akan lebih mudah untuk disedot/divakum. Prosedur aborsi ini memakan waktu sekitar 10 menit. Metode vakum masih dapat digunakan untuk pasien dengan kondisi janin dan rahim yang normal.

Selain metode vakum diatas, ada juga dilakukan dengan metode kuret jika dilihat adanya sisa-sisa janin yang telah hancur dan tertinggal di rahim salah satunya akibat dari mengkonsumsi obat-obat aborsi tanpa pengawasan langsung oleh dokter.

Metode Aborsi di Atas 6 Bulan (Trimester Ketiga)

Pada usia ini, proses aborsi memakan waktu hingga 8 jam lamanya. Metode aborsi yang digunakan seperti melahirkan normal/partus dan juga dengan bantuan obat yang diberikan oleh dokter.

Usia kandungan sangat menentukan metode apa yang harus dilakukan untuk menggugurkan kandungan. Oleh sebab itu, pemeriksaan USG menjadi sangat penting untuk mengetahui usia kandungan secara pasti dan benar.

KLINIK ABORSI RADEN SALEH JAKARTA

Klinik juga memberikan jaminan kesehatan pasca aborsi berupa check up (USG kembali) 1 minggu kemudian. Bukan hanya itu saja, gangguan atau keluhan dikemudian hari juga dapat dikonsultasikan dengan dokter spesialis Pusat Klinik Aborsi Jakarta.

Advertisements